Informasi untuk Penulis

PETUNJUK BAGI PENULIS

 

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian eksperimental dan analitis dalam ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir, yang terdiri dari fisika nuklir, fisika atom dan plasma, akselerator, fisika dan teknologi reaktor, kimia nuklir, kimia analisis dan teknologi proses, pengolahan limbah radioaktif, radioisotop, ilmu dan teknologi material, serta pemanfaatan isotop dan radiasi di bidang industri, kesehatan dan lingkungan.

 

BAHASA

Semua artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang jelas dan ringkas.

 

SUSUNAN PENULISAN (UNTUK ARTIKEL PENELITIAN):

Silakan gunakan susunan penulisan berikut untuk artikel penelitian Anda.

 

JUDUL ARTIKEL DAN IDENTITAS PENULIS

Judul artikel tidak lebih dari 30 kata, ditulis dalam bentuk dwibahasa (Indonesia dan Inggris) disertai nama penulis tanpa gelar, nama instansi atau lembaga penulis, dan alamat instansi atau lembaga penulis. Sertakan pula nomor telpon, faks atau e-mail. Judul artikel ditulis kembali di dalam abstrak sebagai kalimat pertama.

 

ABSTRAK DAN KATA KUNCI

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berisi judul yang ditulis dalam huruf kapital, latar belakang, metode, hasil dan kesimpulan yang dirangkum secara ringkas dan jelas tidak lebih dari 300 kata. Di bawah abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dituliskan kata kunci (keywords) maksimum sebanyak 7 kata.

 

ARTIKEL

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, diketik pada kertas ukuran A4 menggunakan Microsoft Word dengan font Arial Narrow ukuran 11, spasi tunggal, tidak lebih dari 15 halaman termasuk abstrak, gambar dan tabel. Artikel ditulis dalam bentuk satu kolom dengan ukuran margin 35 mm untuk margin kiri, dan masing-masing 25 mm untuk margin kanan, atas dan bawah. Isi makalah mengikuti sistematika penulisan yang disusun sebagai berikut: pendahuluan, metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (jika ada) dan daftar pustaka. Bab dan sub-bab dalam artikel harus  ditulis dengan cetak tebal (bolt) dan tidak diberi nomor apapun, tetapi dibedakan untuk bab ditulis dengan huruf kapital semua dan sub-bab ditulis dengan huruf kapital hanya pada setiap awal kata.

 

PENDAHULUAN

Dalam bab Pendahuluan penulis secara memadai menjelaskan latar belakang tentang kegiatan penelitian yang dilakukan, dan tinjauan pustaka secara ringkas untuk merekam metode atau penyelesaian yang ada, untuk menunjukkan keterbatasan dari penelitian sebelumnya, menunjukkan yang lebih baik dari penelitian sebelumnya, dan menghindari tinjauan pustaka atau ringkasan hasil yang terperinci. Pada bagian akhir bab Pendahulan, penulis harus menyatakan tujuan dan metode yang digunakan secara ringkas.

 

METODOLOGI

Bahan dan metode harus membuat pembaca dapat mereproduksi percobaan. Memberikan rincian yang memadai untuk memungkinkan pekerjaan yang akan diperbanyak. Metode yang sudah diterbitkan harus ditunjukkan dengan referensi, hanya modifikasi metode terkait yang harus dijelaskan. Jangan ulangi rincian metode yang telah mapan. Untuk bahan kimia, silakan memberikan rincian dari merek dan kemurnian (contoh: CaO (Merck, 99,5%)).

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil harus jelas dan ringkas. Hasil harus merangkum dan menyimpulkan secara ilmiah hasil penelitian yang diperoleh daripada memberikan data yang sangat rinci. Silahkan menyoroti perbedaan antara hasil atau temuan dan publikasi sebelumnya oleh peneliti lain.

Pembahasan adalah bagian yang paling penting dari artikel penulis. Di sini penulis mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan data yang diperoleh. Melakukan pembahasan sesuai dengan hasil, tapi tidak mengulangi hasil. Sering harus dimulai dengan ringkasan singkat dari temuan-temuan ilmiah utama (tidak hasil eksperimen). Dalam pembahasan harus mencakup bagaimana hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan pertanyaan awal atau tujuan penelitian yang dituliskan dalam bab Pendahuluan; apakah penulis memberikan interpretasi ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan; dan apakah hasil yang diperoleh konsisten dengan apa yang telah dilaporkan oleh penulis (peneliti) lain, atau ada perbedaan.

 

KESIMPULAN

Kesimpulan ditampilkan dalam bentuk naratif tanpa penomoran, dan harus menjawab tujuan penelitian. Tanpa kesimpulan yang jelas, pengulas dan pembaca akan merasa sulit untuk menilai hasil penelitian yang telah dilakukan, dan apakah ada manfaatnya dipublikasikan di jurnal. Jangan mengulangi yang ditulis pada abstrak, atau hanya merupakan tabel hasil eksperimen. Memberikan pembenaran ilmiah yang jelas untuk hasil penelitian penulis, dan menunjukkan kemungkinan aplikasi dan pengembangannya.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih dianjurkan untuk diberikan kepada orang, institusi atau organisasi yang membantu penulis dalam penelitian, terutama pendanaan untuk mendukung penelitian penulis. Ucapan terima kasih untuk sponsor dan dukungan keuangan dapat ditempatkan di bab ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

Pengacuan Pustaka. Pengacuan nomor pustaka dalam artikel ditulis dengan angka Arab dalam kurung, sebagai contoh [1], [1,3] atau [1-3], atau dinyatakan dengan menuliskan nama pengarangnya disertai nomor Arab di belakangnya, sesuai dengan nomor urut daftar pustaka; misalnya: menurut Ochoa [1], nitridasi ion adalah suatu proses termokimia …...

Penulisan Daftar Pustaka. Pengacuan daftar pustaka yang diacu paling sedikit 10 buah pustaka dan disyaratkan 80% terbitan 5 tahun terakhir dan 80% berasal dari sumber acuan primer (jurnal), ditulis sesuai dengan kronologis bahasan. Penulisan daftar pustaka dalam Jurnal Iptek Nuklir Ganendra menggunakan daftar pustaka style IEEE, disusun pada akhir artikel dan ditulis menurut nomor urut dengan angka Arab. Singkatan nama penulis di depan nama/nama keluarga, dan judul artikel ditulis dalam tanda petik, diikuti dengan penulisan nama jurnal (ditulis italic), volume dan nomor jurnal, dan tahun penerbitan yang ditulis dalam kurung, serta halaman jurnal. Sebagai contoh:

 

Pustaka dari jurnal:

  1. J.H. An, B.H. Kim, J.H. Jeong, D.M. Kim, Y.S. Jeon, K.O. Jeon and K.S. Hwang. “Preparation of vanadium-doped TiO2 thin films on glass substrates”, Ceramic Processing Research, 6.2 (2005): 163-166
  2. S. Nagarajan, N. Rajendran. “Crevice corrosion behaviour of superaustenitic stainless steels: Dynamic electrochemical impedance spectroscopy and atomic force microscopy studies”, Corrosion Science, 51 (2009): 217-224

 

Pustaka dari prosiding:

  1. A. Taftazani, Darsono dan Sudjatmoko, “Studi Kemampuan Akselerator  (PIXE) Untuk Pemantauan Kualitas Lingkungan Hidup”, Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Teknologi Akselerator dan Aplikasinya, Yogyakarta (2002): 7-14
  2. J. Kristri, N. Handayani, A. Yuniati, “Pengaruh Kualitas VCO (Virgin Coconut Oil) Terhadap Nilai Konstanta Kerr dan Perubahan Sudut Polarisasi Cahaya”, Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah - Penelitian Dasar Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir, Yogyakarta (2012): 28-34

 

Pustaka dari buku:

  1. K. Nishikawa and M. Wakatani, Plasma Physics, Springer-Verlag, Berlin (1994)
  2. E. Oks, Plasma Cathode Electron Sources, WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, Weinheim (2006)

 

Pustaka dari thesis:

  1. W.J. Clancey. Transfer of Rule-Based Expertise through a Tutorial Dialogue. PhD Dissertation, Department of Computer Science, Stanford University (1979)

 

Pustaka dari website:

  1. J. Fessler, Analytical Tomography Image Reconstruction Methods, November 19, 2009. http://web.eecs.umich.edu/-fessler/course/516/I/c-tomo.pdf, diakses Januari (2013)

 

TABEL DAN GAMBAR

Keterangan tabel ditulis di atas tabel dan tabel ditampilkan tanpa menggunakan garis vertikal (hanya garis horizontal), dan keterangan gambar ditulis di bawah gambar dengan kualitas gambar 300 dpi, serta diberi nomor urut angka Arab. Penempatan tabel dan gambar diletakkan dalam badan artikel, berdekatan dengan teks yang mengacunya, dan tidak diletakkan sebagai lampiran.

 

Gambar 1. Hubungan antara waktu dan laju reaksi rata-rata pada berbagai M HCl.

 

 

Tabel 1. Berat badan dan respon suhu tubuh kelinci pada pengujian pirogenitas.

 

SATUAN, SIMBOL, SINGKATAN DAN PERSAMAAN

Satuan harus menggunakan sistem standar internasional (SI), misalnya kilogram (kg), meter (m), detik (s), kilo Gray (kGy). Nomor massa isotop dituliskan di kiri atas simbol elemen, misalnya 4He. Singkatan harus didefinisikan ketika mereka pertama kali muncul dalam artikel. Persamaan ditulis menggunakan Microsoft Equation Editor, dan persamaan harus diberi nomor Arab di sisi kanan kertas yang ditulis dengan kurung, misalnya (1).

(1)

Simbol atau besaran fisika harus ditulis miring (italic), dan pastikan bahwa simbol dalam persamaan telah didefinisikan sebelum persamaan muncul atau segera setelah ditulis. Sebagai contoh, huruf miring simbol T adalah suhu, tetapi jika huruf simbol T ditulis tegak adalah satuan tesla. Apabila persamaan tersebut dituliskan dalam sebuah kalimat dalam artikel, maka hanya dituliskan: periksa atau lihat (1), bukan Persamaan (1) atau persamaan (1), kecuali pada awal kalimat: Persamaan (1) adalah ... .