Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk EKSPLORIUM?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

EKSPLORIUM, Buletin Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir merupakan jurnal yang telah terakreditasi oleh LIPI (No. 541/AU1/P2MI-LIPI/06/2013). Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, diterbitkan secara cetak dan elektronik (print-ISSN: 0854-1418 and electronic-ISSN: 2503-426X). Secara elektronik, jurnal ini dapat diakses melalui laman http://jurnal.batan.go.id/index.php/eksplorium.

 

Ruang Lingkup

Naskah yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil pengkajian, penelitian, dan pengembangan geologi nuklir dengan ruang lingkup: eksplorasi, geologi, pertambangan, pengolahan bahan galian nuklir, keselamatan kerja dan lingkungan serta pengembangan teknologi nuklir untuk kesejahteraan masyarakat.

Naskah

Naskah merupakan karya asli dan belum pernah dipublikasikan. Naskah harus mengikuti pedoman penulisan sebagai berikut:

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 12, berspasi 1,5 pada kertas A4 dengan batas tepi kiri 3,5 cm; atas 3,0 cm; bawah 3,0 cm; kanan 2,5 cm dan jumlah halaman maksimal 15 termasuk gambar dan tabel.
  2. Gambar dan tabel pada naskah harus terlihat jelas dengan ukuran lebar antara 8,0 cm; 16,5 cm; atau 24,0 cm. Hindari gambar dan tabel dengan ukuran file yang besar. Setiap ilustrasi harus tergambar dengan jalas dan diberi keterangan.
  3. Unit SI menggunakan metrik.
  4. Penulis bertanggungjawab penuh atas naskah. Penyebutan secara rahasia tidak akan dipublikasikan.
  5. Jurnal hanya menerima naskah yang belum dipublikasikan, orisinil, dan hak klaim pertama dalam penerbitan.
  6. Naskah harus disusun dalam urutan sebagai berikut: [a] Judul; [b] Nama Penulis dan Afiliasinya; [c] Abstrak (tidak lebih dari 200 kata) dan Kata Kunci (3 - 5 kata); [d] Pendahuluan; [e] Metode, teknik, bahan penelitian dan deskripsi wilayah; [f] Hasil; [g] Diskusi; [h] Kesimpulan; [i] Ucapan terimakasih; [j] Referensi; [k] Tabel; [l] Keterangan gambar.

 

Format Naskah:

  1. JUDUL, ditulis dengan huruf kapital berukuran 12, posisi di tengah.
  2. NAMA PENULIS, ditulis 2 spasi di bawah judul dengan ukuran huruf 10.
  3. ALAMAT/UNIT KERJA/ALAMAT E-MAIL, ditulis di bawah nama penulis dengan ukuran huruf 10.
  4. ABSTRAK, dilengkapi 3-5 kata kunci dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimal 200 kata berisi ringkasan: masalah, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan.
  5. PENDAHULUAN, memuat latar belakang, ruang lingkup, dan tujuan.
  6. TEORI, bila diperlukan.
  7. (A) TATA KERJA/METODOLOGI untuk karya ilmiah hasil penelitian; (B) POKOK BAHASAN untuk karya ilmiah hasil pengkajian.
  8. HASIL DAN PEMBAHASAN, hasil disusun secara rinci memuat data berupa tabel dan gambar, sedangkan pembahasan hasil yang diperoleh dibahas berdasarkan konsep dasar atau hipotesis.
  9. KESIMPULAN, berisi simpulan hasil penelitian dan saran dapat dimasukan.
  10. DAFTAR PUSTAKA, ditulis sesuai urutan yang diacu dan menggunakan nomor urut dengan penomoran  (1,2,3,…) sesuai aturan.

 

Pengutipan Referensi/Pustaka

Semua kutipan referensi yang dibuat dalam teks publikasi harus ditampilkan sebagai daftar referensi yang mengikuti teks. Naskah harus diperiksa dengan seksama untuk memastikan bahwa kutipan di dalam teks telah lengkap mengikuti aturan referensi IEEE.

Kutipan dibuat di dalam teks sebagai angka [1], [1,2], atau [1-3] dan sesuai dengan daftar referensi serta tidak mencantumkan nama penulisnya. Dalam Daftar Pustaka, nama penulis dan semua penulis pendamping yang terlibat harus dituliskan.

Referensi di dalam Daftar Pustaka harus diurutkan berdasarkan urutan referensi di dalam teks. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi managerial referensi Mendeley.

Journal

  1. A. El Taher, "Elemental Analysis of Granite by Instrumental Neutron Activation Analysis (INAA) and X-Ray Fluorescence Analysis (XRF)", Applied Radiation and Isotope, 70, 350-354, 2012.
  2. F. Ferrari, T. Apuani, and G.P. Giani, "Rock Mass Rating Spatial Estimation by Geostatistical Analysis", International Journal of Rock Mechanics and Mining Science, 70, 162-176, 2014.
  3. L. Blevin, ”Metallogeny of Granitic Rocks", The Ishihara Symposium: Granites and Associated Metallogenesis, Geoscience Australia, 1-4, 2004.

Prosiding

  1. H. Syaeful, Suharji, dan A. Sumaryanto, "Pemodelan Geologi dan Estimasi Kalan, Kalimantan Barat", Prosiding Seminar Nasional Teknologi Energi Nuklir, Pontianak, 2014.
  2. R. Frinkel, R. Taylor, R. Bolles, R. Paul, “An overview of AL, programming system for automation,” in Proc. Fourth Int. Join Conf Artif.Intel., pp. 758-765, Sept. 3-7, 2006.

Buku

  1. W.S. Lyon, Guide to Activation Analysis, 2nd ed., Van Nostrand Co. Inc., New York, 1960, 33.
  2. P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physic. New York: McGraw Hill, 1953.

Bagian dari Buku

  1. M.F. Collins, and E. Kartini, Superionic Conduction in Silver Oxysalt-Silver Salt Glasses, in: Recent Research Development of Solid State Ionics Vol. I, S.G. Pandalay (Ed.), Transworld Research Network, India, 2003, 167.
  2. P.S. Meszaros, S.Lee and A. Laughlin, “Information processing and information technology career interest and choice amoung high school students,” Reconfiguring the Firewall, Wellesley: A K Peters, 2007, 77-86.

Website

  1. B. Paynter, “Robodinos: what could possibly go wrong?”, Wired, 20 Juli 2009, [Online]. Tersedia: http://www.wired.com/entertainment/magazine/17-08/st_robotdinos [Diakses: 25 Juli 2010].

 

Daftar Pustaka minimal 10 untuk karya ilmiah hasil penelitian dan minimal 25 untuk karya ilmiah hasil pengkajian terbitan 10 tahun terakhir serta 80% berasal dari acuan primer (jurnal, tesis, dan acuan yang sudah dipublikasikan).

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Saya dengan ini menyatakan bahwa penyerahan ini adalah pekerjaan saya sendiri.
  2. Saya dengan ini menyatakan bahwa naskah ini tidak memiliki masalah plagiarisme.
  3. Saya menyatakan pengajuan tidak memiliki potensi konflik kepentingan.
  4. Saya dengan ini menyatakan bahwa naskah ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam publikasi ilmiah lain dan tidak sedang dalam proses review pada publikasi ilmiah lainnya.
  5. Naskah yang diserahkan telah ditulis menggunakan Microsoft Word (.doc / .docx).
  6. Abstrak sudah ringkas dan tidak melebihi 300 kata dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  7. Struktur naskah sudah terdiri: Pendahuluan, Tata Kerja/Metodologi/Pokok Bahasan, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka.
  8. Referensi ditulis sesuai gaya penulisan Eksplorium. Referensi utama adalah tidak kurang dari 80% dari setidaknya sepuluh sumber dan telah diambil dari publikasi terakhir 10 tahun.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.