Evaluasi Efektifitas Tayangan Multimedia yang Disajikan pada Seminar di BATAN
Sari
ABSTRAK
Tayangan multimedia merupakan alat bantu yang banyak digunakan pada saat penyajian hasil penelitian pada suatu seminar. Tayangan multimedia yang efektif akan dapat meningkatkan daya tangkap peserta dan mampu mengkomunikasikan buah pikiran antara penyaji dan peserta. Untuk mengetahui tingkat efektifitas tayangan, telah dilakukan evaluasi terhadap 30 tayangan hasil penelitian yang dipilih secara acak pada 3 seminar di BATAN. Dari 30 tayangan yang dievaluasi, 28 tayangan milik penyaji dari BATAN dan 2 milik penyaji dari luar BATAN. Parameter yang dievaluasi dibatasi hanya 10 parameter dan substansi dari materi tidak termasuk dalam parameter yang dievaluasi. Evaluasi dilakukan secara visual dengan metode analisis kuantitatif dan pendekatan analisis kualitatif diskriptif sederhana. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tayangan yang disajikan memperoleh nilai rata-rata terendah 1,5 dan tertinggi 2,6 dengan skala penilaian 1 - 4. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa tayangan tersebut dikategorikan kurang efektif. Nilai tayangan milik penyaji dari BATAN dan luar BATAN tidak terdapat perbedaan nilai yang mencolok.
ABSTRACT
Evaluation on the Effectiveness of the Multimedia Presentation presented at Seminar in BATAN. Multimedia presentation is a tool that is widely used by researcher in presenting the research results at a seminar. An effective presentation will be able to improve participants comprehension and communicate ideas between presenters and participants. To determine the level of effectiveness of the presentation, an evaluation of 30 presentations from 3 seminar in BATAN which were selected randomly has been conducted. Among 30 presentations to be evaluated, 28 presentations belong to the Batan presenter and 2 presentations belong to the presenter from outside BATAN. The evaluated parameters were limited to only 10 parameters and the content of the presentation was not included in the evaluated parameters. Evaluation was performed visually using quantitative analysis and a simple qualitative descriptive analysis method. The result showed that the evaluated presentation obtained the lowest average score of 1.5 and the highest average score of 2.6. These values indicated that the presentations were categorized less effective. There was no significant difference in score between the presentation belongs to presenters from BATAN and presenters from outside BATAN.
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.