PERANCANGAN MEKANIK PENGGERAK BATANG KENDAll REAKTOR RISET

Sanda Sanda

Sari


Design of mechanic transmission of control rod research reactor. Mechanic transmission of control rod research reactor is reactor excellent component used to ascend and descend reactor fuel. The problem nowadays to ascend or descend reactor fuel is using two motors. To move ascend, low motor off, on the other hand to move descend motor off while the motor is depend on position of reactor control rod and It's not motor break or mechanic break, this condition dangerous at reactor control rod system. There for It will designed mechanic moving reactor control rod can fulfil The condition of reactor safety. One or the orther of design is using reductin gear transmission system with 20 ratio reduction. The reduction gear is moved servometer 24 watt with coupling and output reduction gear connected pinion. It is moving the rack ascend and descend with maximum velocity 0,067 m/s. The expectation of control rod hang on mechanic transmission will not suddenly descend.

 

PERANCANGAN MEKANIK PENGGERAK BATANG KENDALl REAKTOR RISET. Mekanik
penggerak batang kendali reaktor riset merupakan salah satu komponen utama reaktor yang fungsinya menaik turunkan bahan bakar reaktor. Permasalahan yang ada saat ini untuk naik atau turunkan bahan bakar reaktor menggunakan dua buah motor penggerak. Untuk gerak keatas, motor bawah dimatikan, sebaliknya untuk gerak kebawah, motor atas dimatikan, sedangkan kondisi motor penggerak terse but dalam kondisi hidup tetus menerus tergantung posisi batang kendali reaktor dan
tidak ada rem motor atau rem mekanik, hal ini dapat menimbulkan kondisi yang berbahaya bagi sistem batang kendali reaktor. Untuk itu perlu dirancang sistem mekanik penggerak batang kendali reaktor yang memeuhi syarat keselamatan sistem reaktor. Salah satu perancangannya yaitu menggunakan sistem transmisi gigi reduksi dengan reduksi 20. Gigi reduksi digerakan oleh servomotor yang mempunyai daya
24 watt dengan perantara kopling dan keluaran dari gigi reduksi dihubungkan dengan roda gigi pinion yang mampu menggerakan gigi rack turun naik dengan kecepatan maksimum 0,067 m/s. Diharapkan batang kendali yang menggantung pada sistem
transmisi mekanik tidak mengalami turun mendadak baik pada saat naik atau pada saat turun


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.