Petunjuk Penulisan

Naskah berupa karya tulis ilmiah hasil penelitian dan pengembangan yang berkaitan dengan daur bahan bakar nuklir yang meliputi: proses, analisis, uji bahan, perekayasaan, modeling dan keselamatan. Naskah harus orisinil dan belum pernah diterbitkan. Ketentuan penulisan naskah karya tulis ilmiah adalah sbb:

JUDUL, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 14, bold dengan spasi 1,5.

NAMA PENULIS, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10, bold dengan spasi exactly 14.

ALAMAT/UNIT KERJA/ALAMAT EMAIL, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14.

ABSTRAK, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14 dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maksimum 200 kata, berisiringkasan latar belakang, tujuan, pelaksanaan, hasil dan simpulan. Di bawah abstrak dituliskan kata kunci.

PENDAHULUAN, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14. Pendahuluan memuat latar belakang dan permasalahan, status ilmiah saat ini, cara pendekatan penyelesaian masalah, hipotesis, tujuan, metoda dan hasil yang diharapkan.

TEORI, bila diperlukan ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14.

METODOLOGI/ TATA KERJA, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasie xactly 14. Metodologi/Tata Kerjaditulis secara terinci yang memuat metoda, ruanglingkup, bahan dan peralatan yang digunakanserta cara kerja.

HASIL DAN PEMBAHASAN, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14. Hasil dan Pembahasan disusun secara rinci yang memuat data (tabel, gambar), bahasan hasil yang diperoleh dan kaitan dengan konsep dasar atau hipotesis, perbandingan dengan hasil penelitian lain dan implikasi hasi lpenelitian.

SIMPULAN, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14 yang berisi simpulan dari hasil pembahasan.

UCAPAN TERIMA KASIH, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14.

DAFTAR PUSTAKA, ditulis menggunakan jenis huruf Arial 10 dengan spasi exactly 14 ditulis sesuai urutan yang diacu dan menggunakan nomor urut dengan angka Arab. Penulisan daftar pustaka mengacu pada standar IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Acuan lengkap dapat diunduh di situs http://www.ieee.org/. Contoh penulisan Daftar pustaka dari berbagai sumber seperti berikut:

Buku:

R.E.E. Smallman, Metalurgi Fisik Moderen (Edisi 4). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1991.

Artikel Jurnal:

Sugondo, dan A. Chaidir, “Pengaruh Temperatur Anil Terhadap Jenis dan Ukuran Presipitat Fase Kedua pada Paduan Zr-1%Nb-1%Sn-1%Fe,” Jurnal Teknologi BahanNuklir, 5 (1), hal. 21-29, 2009.

Makalah Referensi:

H. Suwarno, A.A. Wisnu, dan I. Andon, “The X-Ray Diffraction Analyses on the  Mechanical Alloying of the Mg2Ni Formation,” dipresentasikan pada The International Conference on Solid State Ionec Proceeding, Jakarta, Agustus 2007, Editor: Penerbit, Tahun, halaman.

Tesis/Disertasi:

J. Setiawan, judul tesis/disertasi,” Tesis/Disertasi, Universitas Indonesia, Depok, Indonesia, 2010.

Dokumen Internet:

S. L. Talleen. (1996, Apr.). The Intranet Architecture. Amdahl Corp., CA. [Online]. Available: http://www.amdahl.com/infra/.

LAMPIRAN, jika ada.

Template naskah dapat diunduh di sini

Ketentuan lain:

  • Naskah diketik menggunakan pengolah kata Microsoft Word dan dicetak pada kertas ukuran A4 dengan margin atas, bawah dan kanan masing-masing 2,54 cm sedangkan margin kiri 3,17 cm. Jumlah halaman minimal 8 dan maksimal 15 termasuk gambar dan tabel.
  • Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  • Naskah dikirim langsung ke redaksi melalui sistem OJS (jurnal.batan.go.id/index.php/urania).
  • Penerbitan jurnal dilakukan 3 (tiga) kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober.
  • Jurnal Ilmiah Daur Bahan Bakar Urania tidak menerima naskah dengan penulis naskah tunggal.
  • Menyerahkan Pernyataan Etika dan Penyerahan Perjanjian Hak Cipta sebelum artikel dapat dipublikasikan.