PENGARUH SUHU REAKSI TERHADAP DERAJAT KRISTALINITAS DAN KOMPOSISI HIDROKSIAPATIT DIBUAT DENGAN MEDIAAIR DAN CAIRAN TUBUH BUATAN (SYNTHETIC BODY FLUID)

E. Firman Purnama, S. Nikmatin, R. Langenati

DOI: http://dx.doi.org/10.17146/jusami.2006.0.0.5078

Abstract


PENGARUH SUHU REAKSI TERHADAP DERAJAT KRISTALINITAS DAN KOMPOSISI HIDROKSIAPATIT DIBUAT DENGAN MEDIAAIR DAN CAIRAN TUBUH BUATAN (SYNTHETIC BODY FLUID). Hidroksiapatit sangat dekat dengan komponen tulang dan mineral gigi. Kalsium berikatan dengan gugus fosfat, hidroksida dan karbonat. Hidroksiapatit yang digunakan sebagai implant pada tulang harus memiliki sifat biokompatibel dan bioaktif. Biokompatibel adalah kemampuan material untuk menyesuaikan dengan kecocokan tubuh penerima, sedangkan bioaktif adalah kemampuan material bereaksi dengan jaringan dan menghasilkan ikatan kimia yang sangat baik. Penelitian ini menggunakan pelarut air dan pelarut cairan tubuh sintetik (Synthetic Body Fluid). Saat pembuatan HAp dilakukan pengeringan dengan freeze drying dan dihasilkan gas CO2 dari ion karbonat yang tertahan atau tidak banyak hilang atau menguap sehingga dihasilkan butir kristal yang lebih halus. Variasi suhu 40oC, 70oC dan 90oC saat pemanasan pembuatan HAp menghasilkan perbedaan derajat kristalinitas pada setiap suhu. Hasil analisis data XRD memperlihatkan bahwa semakin bertambahnya suhu reaksi pada saat pembuatan hidroksiapatit maka derajat kristalinitasnya semakin meningkat. Pola pita serapan FTIR untuk HAp dengan pelarut SBF memperlihatkan gugus CO32- dengan pita serapan lebih tajam dibandingkan HAp pelarut air. SEM memperlihatkan bahwa morfologi HAp pelarut air berbentuk gumpalan bulat, sedangkan HAp pelarut SBF membentuk serpihan memanjang. AAS dan UV-Vis menunjukan semakin tinggi konsentrasi ion Mg2+ yang terkandung maka nilai perbandingan Ca/P semakin turun akibat substitusi ion Mg2+ dengan ion Ca2+.

Keywords


Hidroksiapatit, Synthetic Body Fluid, freeze drying, derajat kristalinitas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains Materi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Center for Science & Technology of Advanced Materials - National Nuclear Energy Agency of Indonesia
Phone : +62 21-758 74261, +62 21-756 2860 ext. 4009-4010, Fax.: +62 21-756 0926, e-mail: jusami@batan.go.id



preview previewpreviewpreviewpreviewpreviewpreviewpreviewpreview previewpreview

View My Stats
Creative Commons LicenseCopyright © 2019 Jusami | Indonesian Journal of Materials Science. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).