Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir Indonesia?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

  1. Format penulisan. Makalah yang hendak dimuat dalam “Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir Indonesia”, disampaikan kepada: redaksi Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir Indonesia sebanyak 2 eksemplar disertai dengan file elektronik. Makalah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris tidak lebih dari 15 halaman disertai abstrak. Makalah diketik menggunakan huruf Arial ukuran 11, jarak baris 1,5 spasi, kecuali abstrak dengan jarak 1 spasi. Ukuran kertas A4, dengan jumlah kolom 1, jarak dari pinggir atas 2,5 cm; bawah 2,5 cm; kiri 3,5 cm; kanan 2,5 cm.
  2. Identitas penulis. Nama penulis ditulis tanpa gelar dan dilengkapi dengan nama dan alamat instansi serta alamat e-mail.
  3. Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, berisi judul (dalam huruf kapital), latar belakang, metode, eksperimen dan hasil serta kesimpulan yang dirangkum secara ringkas dan jelas tidak lebih dari 200 kata. Di bawah abstrak bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris dicantumkan tidak lebih dari 5 kata kunci (keywords). Kata kunci merupakan kata yang paling penting dan mencerminkan konsep, serta dapat digunakan untuk membantu akses pencarian makalah.
  4. Penulisan bab atau subbab. Isi makalah mengikuti sistematika penulisan yang disusun sebagai berikut: pendahuluan, teori (bila ada), tata kerja, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka yang ditulis dengan huruf kapital dan cetak tebal. Penulisan bab dan subbab harus dapat dibedakan dengan jelas. Judul bab dan subbab ditulis dengan angka arab (1,2,3,...dst untuk bab dan 1.1,1.2,1.3,...dst untuk subbab). Ucapan terima kasih (bila ada) ditulis setelah kesimpulan dan sebelum daftar pustaka, namun tidak termasuk bagian dari bab.
  5. Tabel dan gambar. Tabel dan gambar diberi nomor secara berurutan (1,2,3,...dst). Judul tabel ditulis di atas tabel, sedang judul gambar ditulis di bawah gambar. Penempatan tabel dan gambar harus berdekatan dengan teks yang mengacunya. Gambar sebaiknya dimasukkan sebagai format gambar yang mempunyai resolusi tinggi. Hindari penempatan tabel dan gambar sebagai lampiran.
  6. Kepustakaan. Tidak dibenarkan menulis kepustakaan yang tidak disinggung sama sekali dalam naskah. Acuan primer (Jurnal, Prosiding) dan kemutakhiran acuan (terbitan 10 terakhir) harus lebih dari 80% dari seluruh kepustakaan. Pengacuan nomor pustaka dalam teks ditulis di antara tanda kurung, contoh : ..... menurut Getzen (1). Penulisan pustaka dalam daftar pustaka mengikuti sistem Vancouver. Keterangan lengkap dan contoh penulisan dapat diperoleh dari  :

http://www.nlm.nih.gov/bsd/uniform_requirements.html.

 

Template Makalah JSTNI bisa diunduh di: https://cloud.batan.go.id/index.php/s/aBEus3Yxyx7Adtf

Penulis tidak dikenakan biaya atas pendaftaran, pemrosesan dan penerbitan makalah maupun proses pengarsipan makalah.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.