PENGARUH ZAT ADITIF PADA SOLAT TERHADAP KETAHANAN KOROSI SUHU TINGGI MESIN DIESEL
DOI: http://dx.doi.org/10.17146/jusami.2004.5.2.5197
Abstract
PENGARUH ZAT ADITIF PADA SOLAT TERHADAP KETAHANAN KOROSI SUHU TINGGI MESIN DIESEL. Telah dilakukan oksidasi pada sampel mesin diesel A (HV= 256,78 kgf/mm2, ρ= 6,65-7,16 g/cm3) dan sampel mesin diesel B (HV= 166,67 kgf/mm2, ρ= 5,39-5,57 g/cm3) dengan alat Thermal Gravimetric Analyser (TGA) yang dilengkapi timbangan Magnetic Suspesion Balance (MSB). Oksidasi dilakukan pada suhu 900℃ selama 24 jam dengan variasi: tanpa aditif dan ditambah aditif (Diesel Booster + Amilum Nitrat; DBANI dan Diesel Booster; DB) yang dicampurkan pada solar dengan perbandingan 1:1500. Hasil oksidasi kemudian dikarakterisasi dengan X-Ray Diffraction (struktur kristal) dan Scanning Electron Microscope (strukturmikro). Hasil identifikasi fasa memperlihatkan adanya lapisan oksida Fe2O3 yang tersebar merata di seluruh permukaan bahan. Pengamatan struktur mikro menunjukkan batas butir oksida yang rapat.
Keywords
mesin diesel, solar, aditif, struktur mikro
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Sains Materi Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Center for Science & Technology of Advanced Materials - National Nuclear Energy Agency of Indonesia
Phone : +62 21-758 74261, +62 21-756 2860 ext. 4009-4010, Fax.: +62 21-756 0926, e-mail: jusami@batan.go.id
View My Stats
![]() | Copyright © 2019 Jusami | Indonesian Journal of Materials Science. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0). |