MORFOLOGI DAN AKTIFITAS KATALIS LOGAM Cu DENGAN PENYANGGA MONODAN BIMETALIK OKSIDA UNTUK KONVERSI GLISEROL MENJADI PROPANDIOL

Rachman Sarwono, Silvester Tursiloadi, Kiky C. Sembiring

DOI: http://dx.doi.org/10.17146/jsmi.2015.16.2.4214

Abstract


MORFOLOGI DAN AKTIFITAS KATALIS LOGAM Cu DENGAN PENYANGGA MONODAN BIMETALIK OKSIDA UNTUK KONVERSI GLISEROL MENJADI PROPANDIOL. Gliserol merupakan hasil samping dari industri biodiesel. Diperkirakan produksi biodiesel akan terus bertambah, dengan sendirinya produksi gliserol juga akan bertambah, dan akan terjadi kelebihan produk gliserol dan harga gliserol akan cenderung menurun. Untuk meningkatkan nilai tambah gliserol, gliserol dikonversi menjadi monomer seperti propandiol (PDO) sebagai bahan baku polimer yang akan memberi nilai tambah tinggi. PDO bisa dipolimerisasikan menjadi poly methylene terephthalate, poly urethane dan elastic polymers. Katalis logamCu dengan penyangga mono-metalik oksida seperti ZnO dan Al2O3 memberi konversi gliserol yang rendah, sedangkan penyangga bi-metalik oksida ZnO/Al2O3memberi konversi jauh lebih besarmenjadi 49,14%. Logam Cu lebih aktif dibandingakan dengan oksidanya CuO pada penyangga Al2O3 karena partikelnya terpisah, sedangkan pada penyangga ZnO, CuO lebih aktif dibandingkan dengan logamCu. Ukuran partikel katalis yang lebih kecil akan memberi keaktifan yang lebih tinggi. Kristal CuO dan Al2O3 tidak terjadi aglomerasi, jadi kristal terpisah, sedangkan CuO/TiO2 dan CuO/ZnO terjadi aglomerasi dan membentuk partikel yang lebih besar. Pada katalis dengan penyangga bi-metalik Cu-ZnO/Al2O3 terjadi juga aglomerasi, terjadi alloy antara logamCu-Zn dan bukan campuran antara Cu dan ZnO yang bisa meningkatkan aktifitas katalis.

Keywords


Gliserol, Konversi, Propandiol, Partikel, Katalis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains Materi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Center for Science & Technology of Advanced Materials - National Nuclear Energy Agency of Indonesia
Phone : +62 21-758 74261, +62 21-756 2860 ext. 4009-4010, Fax.: +62 21-756 0926, e-mail: jusami@batan.go.id



preview previewpreviewpreviewpreviewpreviewpreviewpreviewpreview previewpreview

View My Stats
Creative Commons LicenseCopyright © 2019 Jusami | Indonesian Journal of Materials Science. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).