Visi dan Tujuan Jurnal

SEJARAH EKSPLORIUM

EKSPLORIUM diterbitkan pertama kali pada bulan Februari 1979, dengan nama “EXPLORIUM” Bulletin Direktorat Survei Geologi (DSG) – Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN). Bulletin ini diterbitkan setiap Bulan untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan internal DSG - BATAN dengan penyebarluasan yang terbatas di BATAN.

Pada tahun 1980 dilakukan perubahan nama yang semula “EXPLORIUM” menjadi “EKSPLORIUM” untuk lebih menyempurnakan penggunaan bahasa Indonesia. Bersamaan dengan itu, DSG -BATAN juga berubah nama menjadi Pusat Eksplorasi dan Pengolahan Bahan Nuklir (PEPBN)-BATAN. Dengan terbit setiap bulan, isi EKSPLORIUM semakin meningkat baik dari segi tampilan, jumlah halaman dan pada terbitan ini telah memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang dilaksanakan di PEPBN-BATAN.

Pada bulan Agustus 1992, EKSPLORIUM untuk pertama kalinya didaftarkan resmi di PDII LIPI dengan nomor International Standard Serial Number (ISSN) 0854-1418 yang merupakan nomor ISSN cetak (p-ISSN)  yang digunakan hingga saat ini. Sejak terbitan ini, EKSPLORIUM yang semula terbit setiap bulan kemudian berubah keberkalaannya menjadi buletin Triwulan atau empat kali dalam satu tahun. Pada saat ini PEBGN telah berubah nama menjadi Pusat Pengembangan Bahan Galian Nuklir (PPBGN)-BATAN. Pada terbitan ini secara ilmiah telah jauh mengalami peningkatan dengan memuat minimal tiga tulisan pokok yang merupakan hasil penelitian dan tiga tulisan hasil saduran, atau kajian pustaka.

Pada Tahun 2011 EKSPLORIUM sebagai buletin Pusat Pengembangan Geologi Nuklir (PPGN)-BATAN, mendapatkan akreditasi LIPI untuk pertama kalinya dengan nomor Akreditasi LIPI No. 352/Akred-LIPI/P2MBI/07/2011 yang berlaku hingga bulan Juli 2013. EKSPLORIUM terbit setiap 6 bulanan (dua kali dalam satu tahun), memuat 5 (lima) artikel pada setiab terbitan.

Pada Tahun 2013 EKSPLORIUM buletin Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN)-BATAN kembali terkreditasi dengan nomor 541/AU1/P2MI-LIPI/06/2013 yang berlaku hingga Juli 2016. Pada Bulan April 2016 EKSPLORIUM mendapatkan nomor ISSN untuk terbitan berkala ilmiah dengan media online (e-ISSN) dengan nomor 2503-426X, dan untuk selanjutnya terbitan EKSPLORIUM dapat di akses secara online pada: http://jurnal.batan.go.id/index.php/eksplorium.

Pada tanggal 22 September 2016, EKSPLORIUM kembali mendapatkan akreditasi ketiga kalinya dari LIPI dengan nomor akreditasi LIPI No.749/AU2/P2MI-LIPI/08/2016. Akreditasi ini berlaku hingga Juli 2021.