Reaktor : Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir

Reaktor : Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir merupakan media ilmiah yang ditebitkan oleh Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran Instalasi Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (DPFK RSG-GAS) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan sudah terkareditasi nasional peringkat 4 berdasakan petikan keputusan Menteri Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 200/M/KPT/2020. Awal lahirnya BPRN mempunyai tujuan untuk menyediakan fasilitas kepada pegawai PRSG BATAN (sekarang DPFK RSG-GAS BRIN) yang ingin menyampaikan buah pemikirannya berupa karya tulis ilmiah hasil pengelolaan (baik pengoperasian, perawatan, dan pengembangan) Reaktor G.A. Siwabessy.

Dalam perjalanannya, BPRN tidak hanya dikhususkan untuk pegawai DPFK BRIN saja, namun untuk seluruh penulis yang berada di Indonesia. Penerbitan BPRN dilakukan setiap dua kali dalam setahun dengan periode setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan April dan Oktober dengan setiap terbitan memuat minimal lima naskah karya tulis ilmiah.


Gambar Beranda Jurnal

Tema naskah karya tulis ilmiah yang dapat dipublikasi oleh buletin ini ialah karya tulis ilmiah yang merupakan hasil kegiatan penelitian, riset dan kegiatan teknis dan management yang berhubungan dengan pengelolaan perangkat nuklir. Ruang lingkup jurnal ini mencakup keilmuan yang berhubungan dengan instalasi ketenaganukliran, diantaranya: instalasi reaktor nuklir, instalasi produksi radioisotop radiofarmaka, instalasi bahan bakar nuklir, instalasi pengolahan limbah nuklir, serta kedokteran nuklir. Keilmuan yang menyangkut instalasi-instalasi tersebut diantaranya: fisika, kimia, biologi, teknologi reaktor, kelistrikan, instrumentasi, mekanik, energi, lingkungan, regulasi standart, serta topik lain yang mendukung pengembangan energi nuklir dalam fasilitas ketenaganukliran. 

BPRN diharapkan dapat memberikan manfaat baik dalam pengembangan pengelolaan reaktor nuklir maupun perkembangan energi nuklir di Indonesia maupun dunia.

 

Reaktor : Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir terindeks pada:

            


Vol 19, No 2 (2022): OKTOBER 2022

Daftar Isi

Daftar Isi
 
PDF
Halaman Depan
 
PDF

Artikel

Fitri Susanti
PDF
1-13
Marliyadi Pancoko
PDF
14-25
Masripah Triharto, Mustika Fadila, Septi Rizkine Pramukti, Zaidi Oktari
PDF
26-33
Frida Yunisca, Enny Chalimah, Leonardo Oloan Agusta Sitanggang
PDF
34-41
Abdul Aziz Rohman Hakim
PDF
42-49